UNAS 2008 sebentar lagi !

Pada tanggal 22 April 2008 ini siswa-siswa kelas XII SMA akan menjalani Ujian Nasional (UNAS) tahun 2008. Proses pembelajaran selama 3 tahun yang mereka jalani akan dievaluasi dalam waktu beberapa hari saja. Sungguh ironi memang ! tapi itulah sistem pendidikan kita…

Pemerintah melalui UNAS memang memiliki tujuan yang mulia, namun dalam pelaksanaannya masih harus mengalami kendala dan bahkan bisa jadi mengalami disorientasi pada kemajuan pendidikan nasional yang notebene ingin memajukan masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak ? Dengan segala kondisi yang sangat terbatas (baca: dana dan sumber daya terbatas) Pemerintah nekad melakukan UNAS. Dana untuk UNAS di Surabaya yang telah disetujui adalah sebesar Rp.46 Milyar. Dana sebesar itu rencananya digunakan untuk membiayai pengawas, penggandaan soal, koreksi, dan lain sebagainya. Belum lagi dalam pelaksanaannya, seringkali UNAS memicu praktik-praktik kecurangan baik yang dilakukan oleh siswa sendiri maupun sampai yang dilakukan oleh para guru atau kepala sekolah seperti yang telah terjadi di Kabupaten Ngawi dan beberapa daerah di tahun lalu. Mau tidak mau, konsekuensi logis bentuk penyelewengan pasti akan terjadi, padahal pendidikan seharusnya tidak berjalan seperti itu. Seharusnya pendidikan dengan sistemnya justru memberikan pembentukan karakter yang baik. Dan, proses pembentukan karakter tersebut tidak hanya dalam proses pembelajaran, melainkan juga dalam bentuk evaluasinya juga.

Sebenarnya Pemerintah memilih UNAS sebagai jalan untuk memetakan potensi pendidikan dan mengukur keberhasilan proses pendidikan yang telah dilaksanakan. Meskipun sebenarnya ada cara yang lebih mudah dan lebih efisien dari pada metode survey seperti ini, yaitu melalui penggunaan sampling. Namun, kondisi di Indonesia yang memiliki varian sampling yang luas sepertinya agak terlalu rumit meskipun sebenarnya bisa saja dilakukan.

Terlepas dari kontroversial penyelenggaraan UNAS sebagai sebuah evaluasi pendidikan. Ada baiknya kita sambut baik dan positive thingking terhadap pemerintah. mari kita dukung program pemerintah bersama-sama….

Untuk itu ini ada beberapa link yang bisa digunakan untuk latihan soal UNAS:

http://soal-unas.blogspot.com

http://e-dukasi.net/

http://www.banksoal.sebarin.com/

http://sultanhabnoer.wordpress.com/2008/04/01/bocoran-soal-ujian-nasional-2008/

http://daincredible.wordpress.com/2008/02/05/prediksi-soal-ujian-nasional-2008/

http://beasiswas.blogs.friendster.com/beasiswa/2008/02/kumpulan_soal_u.html

mohon maaf jika link yang di atas ada yang tidak bisa diakses…tapi semoga bermanfaat…

Semoga UNAS 2008 berjalan lancar…

1 Komentar

Filed under Uncategorized

One response to “UNAS 2008 sebentar lagi !

  1. sultanhabnoer

    Wah….thank’s ya, blog saya dipromosikan dengan menulis link-nya di blog Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s