Puasa kita untuk kita

AlhamduLILLAH…setelah sekian lama akhirnya saya sempatkan diri untuk mengisi blog saya….

hari ini adalah hari ke-17 puasa ramadhan…

puasa sebagai ibadah umat Islam memiliki makna yang luas…sudah banyak sekali buku yang membahas tentang pentingnya puasa ramadhan bagi kesehatan tubuh dan kesehatan psikologis bahkan kesehatan religi umat muslim.

Hakikat dari puasa ramadhan dan puasa lainnya sebenarnya merupakan pengendalian nafsu. Manusia memiliki fitrah untuk mudah lupa dan lalai…maka ALLAH SWT memerintahkan umatnya untuk berpuasa agar ingat kepadaNYA..

dalam sejarahnya, agama samawi selalu memerintahkan umatnya untuk berpuasa sebagai ibadah untuk mengendalikan diri dan nafsu, bahkan agama jahiliyah dan agama purba seperti agama orang jawa juga memerintahkan puasa sebagai wahana untuk mengendalikan nafsu dan mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa…

Akan tetapi, apakah puasa itu untuk ALLAH SWT semata? ternyata tidak ! Puasa itu justu sebenarnya adalah untuk kita…untuk kesehatan kita…untuk ketentraman hati kita….untuk ketenangan pikiran kita…dan yang pasti untuk amal ibadah kita… Lantas, kenapa masih banyak orang yang tidak mau berpuasa? kenapa masih ada orang yang masih menyalahkan puasa sebagai penghambat dalam beraktivitas? jadi…ayo kita puasa…dan ayo kita maknai puasa ini sedalam mungkin….

1 Komentar

Filed under Uncategorized

One response to “Puasa kita untuk kita

  1. Assalamualaikum wr wb Mas Widi … hehehe
    Mohon maaf lahir batin buat sekeluarga ya.

    Saiki nduk endi lho Wid ? jarene Didin meneng pasirian … wingi pas mulih nang Pasirian tak ubek2 koq nggak nemu Didin yo ???

    Jadi ingat kalimantan 2001 dan 2002

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s