Manajemen Kasih Sayang

Beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan maillist dari salah satu anggota komunitas TDA (Tangan Di Atas). di sana saya diberikan link ke blog seorang motivator (Arif Perdana). Pak Arif menceritakan tentang kisah seorang bos property yang dulunya adalah seorang Satpam yang bernama “Fauzi Saleh”. Ketekunan dan keuletan serta kepasrahan diri dari sang mantan Satpam membuahkan hasil yang sangat besar dan bermanfaat baik bagi dirinya maupun orang-orang di sekitarnya.

Hal yang menjadi sangat luar biasa dari Pak Fauzi itu adalah kesuksesannya tidak membuatnya buta hati dan lupa akan sejarahnya. Di sela kesibukannya, beliau tetap menyempatkan menggelar pengajian rutin setiap malam jumat yang dimulai sejak pertama kali usahanya dijalankan.

Di tulisan tersebut disebutkan bahwa Pak Fauzi menerapkan manajemen kasih sayang dalam mengelola usahanya. Tidak heran jika Pak Fauzi sangat memperhatikan kesejahteraan bawahannya. Bayangkan saja, beliau membagikan 50 unit mobil untuk 50 karyawan dari 100-an karyawan tetapnya. Hal itu karena beliau menggunakan filosofi unik, yaitu “Dengan bertanam padi, rumput dan ilalang akan tumbuh. Ini berbeda kalau kita bertanam rumput, padi tidak akan tumbuh”.  Sungguh luar biasa !

Apabila kita kaji berdasarkan Al-Quran maka seperti yang tertulis pada Surat Ath Thalaaq ayat 7: “Hendaklah orang yang mampu memberi nafkah menurut kemampuannya. Dan orang yang disempitkan rezkinya hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan sekedar apa yang Allah berikan kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan. ”

Selain itu ALLAH juga berfirman dalam Surat An-Nahl ayat 71:  “Dan Allah melebihkan sebahagian kamu dari sebagian yang lain dalam hal rezki, tetapi orang-orang yang dilebihkan (rezkinya itu) tidak mau memberikan rezki mereka kepada budak-budak yang mereka miliki, agar mereka sama (merasakan) rezki itu. Maka mengapa mereka mengingkari nikmat Allah?”

Nah…yang unik lagi bagi Pak Fauzi, baginya prinsip manajemen yang digunakan adalah prinsip manajemen “BismiLLAH” sehingga beliau memulai bisnis dan setiap pekerjaannya dengan kepasrahan total kepada ALLAH….

Sungguh nikmat…

2 Komentar

Filed under Uncategorized

2 responses to “Manajemen Kasih Sayang

  1. Blog yang bagus…
    Salam Kenal
    Saya dari Banjarnegara🙂

  2. ya benar. dan semoga saja kita slalu bisa me-manag dengan apa yang akan kita lakukan.

    lam kenal. orb

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s