Sang Waktu lagi..

tak terasa sudah lama saya tidak posting di blog ini…dan hari ini adalah hari terakhir di penghujung tahun 2010. Esok hari kita akan menghadapi tahun baru 2011. Momentum ini biasanya menjadi momen luar biasa. Dan, biasanya diungkapkan dengan euforia luar biasa melalui pesta pergantian tahun. Ada banyak keramaian, kembang api, sorak sorai,  dan hiru pikuk lainnya. Namun, apakah seharusnya kita berbuat seperti ini lagi ? kenapa tidak kita gunakan untuk refleksi tahun lalu sebagai bahan pertimbangan dalam menghadapi tahun yang akan datang ? Banyak dari kita tidak menyadari bahwa sesungguhnya kita mengalami banyak kerugian dari perjalan Sang Waktu ini… Bagaimana tidak ? dengan pergantian waktu, jatah hidup kita di dunia ini telah berkurang. Banyak kenangan indah yang harus kita tinggalkan di belakang waktu kita. Ketidakpastian tahun depan menunggu dengan banyak kemungkinan, bisa menguntungkan dan bisa juga malah merugikan.

Waktu sebenarnya seharga dengan kehidupan itu sendiri. Seperti yang dikutip dalam kitab Al-waqtu huwa Al-hayah, karya dari  as-Syahid Hasan Al-Banna. Seperti sabda Rosulullah S.A.W. yang juga menjadi syair lagu salah satu grup nasyid terkenal di negara kita. Sabda Beliau “Manfaatkanlah (oleh kalian) lima hal, sebelum datang lima hal: masa mudamu sebelum tiba masa tuamu, waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu, masa kayamu sebelum datang waktu fakirmu, waktu luangmu sebelum datang masa sibukmu dan hidupmu sebelum datang kematianmu”. Merenungi untaian mutiara hikmah seperti itu rasanya saya penuh penyesalan yang mendalam, karena saat muda dulu saya isi kehidupan dengan hal-hal yang menghambur-hamburkan waktu.

namun, semua pasti memiliki hikmah karena eksistensi perjalan waktu kita di dunia ini semata-mata adalah kehendak ALLAH semata. Pelajaran berharga dapat kita ambil dalam perjalan masa lalu kita untuk referensi bagi kita menjalani hari ini dan esok hari. Hari ini sedapat mungkin kita lakukan apa yang kita bisa sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat kehidupan yang diberikan sampai saat ini. Esok hari, penuhi dengan harapan kepada ALLAH agar kita tetap Menuhankan DIA sebagai satu-satunya Tuhan tempat kita berharap dan memohon pertolongan (QS. Al-Fatihah : 5).

Di penghujung tahun 2010 ini saya mengingatkan marilah kita sikapi perjalan waktu dengan momentum pergantian tahun ini dengan bijaksana. Kurangilah berpesta pora atas sesuatu yang sebenarnya telah hilang dari kita. Refleksikan dengan bijaksana pengalaman masa lalu untuk merancang pijakan-pijakan hidup kita di tahun mendatang.

Selamat Tahun Baru 2011

semoga Berkah ALLAH meliputi semuanya…

Tinggalkan komentar

Filed under Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s