AlhamduLILLAH…kerjaan baru nih…

Sudah lama saya tidak update blog ini. Kesibukan “riwa-riwi” di jalanan membuat saya tidak sempat untuk menulis lagi. Tapi AlhamduLILLAH, semenjak 1 April 2011 ini saya berkesempatan bergabung dengan sebuah NGO lokal di Jombang. Lembaga ini bernama Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) NU cabang Jombang. Lembaga ini merupakan wadah di bawah naungan Nahdlatul Ulama (NU) Cabang Jombang. Lembaga ini sebagai salah satu wadah untuk mengaktualisasikan diri dan agen tranformator untuk melakukan pengkajian, pembelaan, penguatan rakyat pada komunitas masyarakat yang bervariasi pemahaman keagamaan, wawasan sosial, wawasan kenegaraan dan wawasan politik. lebih jelasnya mengenai lembaga ini bisa dilihat di website Lakpesdam NU Jombang.

Oh iya, saya di lembaga ini mengisi posisi sebagai Community Organizer (CO). sebetulnya ini bukan pekerjaan pertama saya. Sebelumnya, saya juga aktif di pendampingan saat tergabung bersama Dinas Kehutanan Kabupaten Lumajang sebagai fasilitator Petani di Program GERHAN. Intinya, saya mengorganisir para anggota komunitas yang didampingi oleh Lakpesdam NU Jombang dan mensinergikannya dengan visi dan misi lembaga. Sebuah pekerjaan yang saya inginkan, dimana saya bisa bekerja sambil ketemu banyak orang dan di sisi lain saya tetap bisa menjalankan usaha saya.

Saya sebagai CO kebagian mengurusi masyarakat miskin kota. Visi dari Lakpesdam NU Jombang sendiri lebih pada pemberdayaan masyarakat yang dilemahkan (Mustadl’afin) agar lebih kritis, egaliter, mandiri, toleran, terbuka, adil dan sejahtera di tengah kuatnya hegemoni global. oleh karena itu, saya kebagian mendampingi para abang becak yang tergabung dalam Paguyuban Becak Jombang (Pabejo), komunitas pemulung Podho Kroso serta para ibu-ibu penjual pecel keliling.

Sudah lama saya tidak berkecimpung di bidang advokasi ini. Persisnya sudah 6 tahun yang lalu. Untungnya, partner saya yang bernama Mas Wahab bisa memaklumi dan mensupport saya dalam mendampingi para komunitas dampingan. Beberapa rutinitas yang memerlukan perencanaan kegiatan yang matang kembali saya lakukan meski sempat bingung juga di awal-awalnya. Semoga di kemudian hari ALLAH tetap akan memberikan petunjuk sehingga sesulit apapun kerjaannya, aku bisa menjalaninya dengan lancar dan ikhlas.

BismILLAH….

Tinggalkan komentar

Filed under Uncategorized

Tinggalkan Balasan

